-->

Tips Teknik Cara Mengoper Bola Basket Yang Benar

Teknik mengoper bola basket. Dalam permainan bola basket teknik permainan yang harus dikuasai tidak terbatas hanya melempar bola ke ring lawan. Segala sesuatunya dalam teknik dasar bola basket harus dikuasai dengan baik. Teknik yang paling mendasar adalah bagaimana memegang bola basket, juga teknik mengoper bola basket.

Berbicara tentang mengoper bola basket, ada beberapa cara atau teknik mengoper bola basket yang harus dikuasai, karena dalam setiap pertandingan ... penggunaan teknik mengoper tentu disesuaikan dengan kondisinya, terutama pada saat berhadapan dengan hadangan lawan. Dalam kondisi yang berbeda tentu harus menggunakan teknik mengoper bola basket yang berbeda lagi. Itulah pentingnya menguasai semua teknik cara mengoper bola basket.





TEKNIK MENGOPER BOLA BASKET
 

Berdasarkan peraturan permainan bola basket, teknik mengoper bola basket harus dilakukan dengan benar. Berikut ini adalah beberapa cara atau teknik mengoper bola basket yang perlu dikuasai :

1. Chest pass (operan dada)

teknik mengoper bola basket


Teknik mengoper bola basket yang pertama ini, pelaksanaannya adalah bola dipegang dengan kedua tangan ditahan ke depan dada dengan ujung jari kedua tangan, ibu jari harus berada di belakang bola dengan tangan dan ujung jari menyebar ke arah sisi bola. Posisi siku dekat tubuh, kemudian letakkan kaki pada posisi triple threat dengan tumpuan berat badan pada kaki yang belakang. Pindahkan berat badan ke depan ketika melangkah untuk melakukan operan. Pada saat melakukan tolakan untuk mengoper bola, luruskan lengan dan putar ibu jari ke bawah, sehingga tangan lurus dan diakhiri dengan sentakan pergelangan tangan (snap). Pandangan mata tetap kearah bola yang dioper dan arah bola harus lurus ke depan.


2. Bounce pass (operan pantul)



Berbeda dari teknik mengoper bola basket sebelumnya,
Bounce pass pelaksanaannya adalah kedua tangan atau salah satu tangan ditempatkan dibelakang bola, kemudian lepaskan bola kearah bawah. Bola menyentuh lantai kira-kira dua pertiga dari jarak arah si penerima sehingga bola dapat ditangkap saat setinggi pinggang. Memantulkan bola terlalu dekat pada diri sendiri, maka lambungannya akan tinggi dan pantulannya lambat sehingga akan mudah dipotong oleh lawan, tetapi memantulkan bola terlalu dekat dengan penerima akan membuat bola sulit direbut oleh lawan.


3. Baseball pass (operan baseball)



Operan ini dilakukan dengan satu tangan, akan mempermudah mengoper untuk melakukan passing jarak jauh. Operan ini dimulai dengan posisi siap dengan salah satu kaki agak ke depan dan bola dipegang oleh satu tangan. Pada awalnya bola juga ditahan oleh tangan yang lainnya, yang tidak mengoper bola. Ketika berat badan berpindah ke belakang bola lalu diarahkan oleh kedua tangan tepat di belakang bahu dari sisi yang akan melempar. Pada saat akan mengoper, tangan yang melalukakn operan mengayun ke depan atas. Bola dilepaskan ketika tangan lurus ke depan. Itulah teknik mengoper bola basket yang disebut dengan baseball pass.


4. Over head pass (operan di atas kepala)



Teknik mengoper bola basket yang ini dimulai dengan posisi badan yang seimbang, pegang bola di atas kepala dengan siku ke dalam dan berbentuk sudut 90 derajat. Jangan bawa bola ke belakang kepala, karena dalam posisi tersebut susah untuk melakukan operan dengan cepat, dan mudah di curi oleh lawan, kaki melangkah ke depan sasaran, kumpulkan kekuatan maksimal dngan bertumpu pada kaki, kemudian dilanjutkan dengan operan cepat. Pada saat melakukan gerakan lecutan, jari mengarah kepada target dan telapak tangan ke bawah.


 5. Back pass



Back pass adalah teknik mengoper bola basket  yang dilakukan dengan menggunakan satu tangan dari arah belakang punggung. Operan jenis ini umumnya digunakan ketika menyerang dan untuk menerobos pertahanan lawan secara cepat. Back pass ini dapat dilakukan dengan baik ketika pengoper bola dan penerima bola berjarak sangat dekat.


KUASAI DULU TEKNIK DASAR MENANGKAP DAN MENGOPER BOLA BASKET

a. Teknik Menangkap Bola Basket

Teknik menangkap bola basket berkaitan erat dengan teknik mengoper bola basket. Dalam menangkap dan menerima bola basket yang harus di ingat dan diperhatikan adalah:

  • Penerima harus mengamati bola sampai yakin bahwa bola itu dalam penguasaanya
  • Bala harus dijemput dengan pergelangan dan jari yang lentur
  • Jangan mengarah langsung kekuatan bola, tetapi jinakkanlah bola dengan edikit mengikuti arah pergerakan bola, atau pada saat bola sudah menyentuh tangan maka tariklah sedikit tangan ke belakang.


b. Teknik Mengoper bola basket

Teknik mengoper  bola basket dengan menggunakan dua tangan sangat banyak dilakukan ketika bermain. Lemparan ini sangat bermanfaat untuk  operan jarak pendek dengan perhitungan dari kecepatan dan kecermatan. Jarak lemparan yang akurat biasanya sekitar 5 sampai 7 meter. Latihan teknik mengoper bola basket dengan menggunakan dua tangan adalah sebagai berikut:

  • Peganglah bola seperti yang telah diuraikan pada poin a
  • Siku di tekuk dan peganglah bola didepan dada
  • kaki dibuka sejajar dengan sikap kuda-kuda
  • Lutut sedikit ditekuk, badan sedikit condong ke depan. Jaga keseimbangan badan dan tetap rileks.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->