-->

Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Basket Yang Wajib Anda Kuasai

Teknik dasar bola basket. Berikut ini teknik dasar permainan bola basket yang wajib dikuasai oleh pemain bola basket.

 Permainan bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang paling populer di dunia setelah sepak bola. Bermain bola basket tidak sekadar memegang bola lalu memantul - mantulkannya kemudian melemparkannya, ada beberapa teknik dasar bola basket yang penting untuk diketahui dan dipelajari, apalagi jika berniat untuk menjadi pemain bola basket profesional. Tentunya harus menguasai teknik - teknik dasar permainan bola basket, sehingga pada saat terjun pada pertandingan sesungguhnya ... tidak akan membuat kesalahan yang tidak perlu.

Berikut ini saya sebutkan jelaskan beberapa teknik dasar dalam bermain bola basket, lihat juga penjelasan di bawah untuk masing - masing teknik tersebut :

  1. Teknik dasar memegang bola basket
  2. Teknik dasar menangkap bola
  3. Teknik dasar mengoper atau passing
  4. Teknik dasar menggiring bola (dribbling ball)
  5. Teknik dasar Pivot
  6. Teknik dasar Shooting
  7. Teknik dasar Rebound


TEKNIK DASAR MEMEGANG BOLA BASKET

Teknik dasar dalam permainan bola basket yang pertama ini kedengarannya mudah namun tidak sembarangan juga. Memegang bola basket tidak sekedar memegang, tentu ada teknik yang benar dan harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa teknik dasar basket cara memegang bola dalam permainan bola basket :
  • Sikap tangan membentuk mangkok besar. 
  • Bola berada di antara kedua telapak tangan. 
  • Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang, jari-jari terentang melekat pada bola. 
  • Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. 
  • Kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks.


TEKNIK DASAR MENANGKAP BOLA BASKET

Dalam permainan bola basket, ada teknik khusus menangkap bola basket. Untuk menangkap bola basket harus diperhatikan agar bola berada dalam penguasaan. Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola. Menangkap bola basket(catching ball) terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap bola di depan dada.


TEKNIK DASAR MELEMPAR BOLA BASKET

Berikut ini adalah beberapa teknik dasar bola basket dalam melempar bola  :

a. Overhead Pass. Teknik passing yang dilakukan dengan posisi bola basket dari atas kepala. Umpan jenis ini dilakukan untuk melakukan counter attack dengan melemparkan bola jauh ke daerah pertahanan lawan. Teknik bola basket yang satu ini juga bisa dilakukan bila anda mendapatkan pengawalan yan ketat oleh lawan. Teknik ini merupakan solusi yang tepat agar bola tidak direbut oleh lawan karena anda tidak bisa memaksakan untuk terus membawa bola basket dalam keadaan yang sulit untuk melewati kepungan lawan.

b. Chest Pass. Anda pasti sudah mengenal teknik permainan basket yang ini. Teknik passing yang dilakukan dengan posisi bola didepan dada, teknik ini biasanya menggunakan lemparan dua tangan dengan tujuan operan lurus terhadap teman yang satu tim. Teknik ini adalah teknik bola basket yang paling sederhana dengan tingkat akurasi paling tinggi ketika melakukan operan lurus kepada teman satu tim. Tips untuk menghindari gerakan yang terbaca oleh lawan adalah menggunakan gerakan tipuan.  Cobalah untuk tidak melihat teman anda secara langsung, karena hal ini akan membuat lawan lebih mudah untuk membaca pergerakan anda.

c. Baseball Pass. Teknik dasar bola basket ini dinamakan baseball pass karena gayanya mirip melalukan lemparan baseball. Lemparan dilakukan menggunakan tenaga yang cukup kuat dan hanya dengan satu tangan saja. Teknik ini sering digunakan untuk mengelabuhi lawan dengan lemparan yang mengejutkan dan tak terduga. Banyak pemain basket yang menggunakan cara ini melakukan gerakan tipu berupa lompatan saat ingin memasukkan bola ke ring namun akhirnya bola hanya diumpankan ke teman yang memiliki posisi yang lebih bagus.

d. Bounce Pass. Teknik passing yang dilakukan dengan memantulkan bola kebawah kemudian diterima oleh teman satu tim, teknik ini sebenarnya untuk menghindari hadangan lawan. Alasan menggunakan teknik bola basket ini sebenarnya sama dengan chest pass namun berbeda cara melakukannya. Hadangan lawan yang melakukan teknik block terhadap laju kamu, kelebihan teknik ini adalah kamu bisa mengecoh lawan dengan operan pantulan bola namun memiliki kelemahan jika dibandingkan dengan chest pass, yaitu tidak bisa melakukan operan jauh karena laju bola tidak secepat chest pass dan sangat sulit untuk membuat pantulan hingga jarak jauh.

e. Hook Pass. Teknik passing yang dilakukan dengan satu tangan yang membentuk seperti hook (pancing, kait). Lekukan lengan kamu ke atas dan melewati bahu kamu. Kamu harus melepaskan bola di depan wajah kamu untuk operan datar, atau lebih jauh menuju bahu kamu untuk operan yang lebih tinggi. Teknik ini biasanya digunakan apabila anda mendapati lawan anda memberikan pertahanan yang defensif, misalnya saja ada dua defender yang menghadang kamu. Teknik basket ini juga bisa digunakan apabila lawan memotong sudut dimana anda seharusnya melakukan operan langsung / direct passing kepada teman kamu.

f. Under Pass. Teknik passing yang dilakukan dari bawah atau lebih tepatnya se-pinggang dengan bola diarahkan secara lurus ke teman yang masih satu tim, teknik ini bisa diterapkan ketika ingin melakukan operan jarak pendek. Teknik dasar bola basket yang satu ini terbilang aman namun kamu harus hati-hati karena lawan kamu bisa memotongnya sewaktu-waktu.


TEKNIK DASAR DRIBLING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET

Berikut ini adalah macam-macam teknik dribbling dalam bola basket  yang harus dikuasai dalam permainan bola basket :

  • Teknik Dribble Change of pace dribble. Teknik basket ini dilakukan dengan kedua tangan antara kanan dan kiri.
  • Teknik Dribble Low or control dribble. Pada teknik ini dilakukan dengan mengatur tempo permainan dan penguasaan bola yang baik.
  • Teknik Dribble High or speed dribble. Pada teknik ini digunakan ketika melakukan counter attack (Serangan balik).
  • Teknik Dribble Crossover dribble. Pada teknik ini dilakukan dengan posisi menyilang. Hal ini dilakukan untuk mengecoh pergerakan lawan dengan mengarahkan bola menyilang sehingga pemain lawan sulit menebak pergerakan kita saat membawa bola.
  • Teknik Dribble Behind the back dribble. Ini adalah salah satu teknik dasar bola basket yang menarik. Pada teknik ini dilakukan dengan menempatkan bola dibelakang kita. Hal ini juga bertujuan agar bola tidak bisa direbut oleh pemain lawan.
  • Teknik Dribble Between the legs dribble. Pada teknik bola basket ini dilakukan ketika menggiring dengan menenmpatkan bola di depan kaki.
  • Teknik Dribble Spin dribble. Ini merupakan teknik dasar bola basket yang memerlukan skill khusus dengan melakukan latihan secara rutin supaya bola yang kita dribble tidak bergerak secara liar.
teknik dasar bola basket




TEKNIK DASAR PIVOT DALAM BOLA BASKET

Pivot tentu bukan hal yang asing dalam teknik bola basket. Jika anda pernah mendengar istilah pivot, itu yang ada di dalam permainan bola basket. Sebenarnya bagaimana sih cara melakukan pivot?  berikut ini adalah teknik dasar pivot dalam permaianan bola basket :

Pivot atau memoros adalah suatu usaha menyelamatkan bola dari jangkauan lawan dengan salah satu kaki sebagai porosnya, sedangkan kaki yang lain dapat berputar 360 derajat. 

Ada tiga alternatif gerakan yang bisa dilakukan:
  • Pivot kemudian dribble (membawa bola)
  • Pivot kemudian passing (melempar bola)
  • Pivot kemudian shooting (menembakan bola)

TEKNIK DASAR SHOOTING DALAM BOLA BASKET

Ini tentunya merupakan teknik dasar bola basket yang wajib dikuasai, bagaimana bisa memenangkan pertandingan jika tidak bisa memasukkan bola ke ring lawan?  Shooting adalah usaha memasukkan bola ke dalam keranjang atau ring basket lawan untuk meraih poin. Dalam melakukan shooting ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan shooting dengan dua tangan serta shooting dengan satu tangan.

Dalam basket tentu saja kamu memerlukan shooting / tembakan langsung ke ring untuk mencetak poin. Shooting merupakan teknik dasar permainan bola basket yang wajib kamu kuasai untuk mendapatkan poin demi poin. 

Ada banyak cara untuk melakukan teknik shooting, diantaranya :
  • Menembak dengan teknik set shoot (posisi berdiri diam ditempat) dengan satu tangan
  • Menembak dengan teknik set shoot dua tangan
  • Menembak dengan teknik jump shot (disertai dengan lompatan)
  • Menembak dengan teknik lay up ( gerakan lari, langkah dan meloncat). Baca juga : teknik lay up bola basket.


TEKNIK REBOUND DALAM BOLA BASKET

Teknik basket yang satu ini  merupakan teknik dasar permainan bola basket yang bisa membuat tambahan poin dari lemparan temanmu yang gagal. Banyak pelatih yang mengatakan bahwa rebound merupakan hal penting yang bisa saja memberikan tim kamu kemenangan atau setidaknya posession ball yang bagus. 

Rebound merupakan teknik mengambil bola basket yang gagal masuk ring, ada 2 tipe rebound yaitu : rebound ofensif dan rebound defensif. 

Rebound ofensif artinya lemparan yang gagal dalam satu tim diambil oleh teman yang masih satu tim kemudian mencoba shot lagi kedalam ring, bila bola masuk ring maka tim kamu dapat 2 point. 

Sedangkan defensif rebound adalah teknik merebut bola basket yang gagal dimasukkan oleh lawan agar tidak ada usaha memasukkan bola lagi kedalam ring. Menguasai teknik rebound defensif akan menyelamatkan tim kamu dari kekalahan dan berpeluang melakukan counter attack. Demikianlah dasar dasar ataupun teknik dasar basket yang perlu dikuasai oleh pemain bola basket.


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->