-->

Pengertian Fungsi Tujuan Gerakan Teknik Pivot Dalam Bola Basket

PENGERTIAN / DEFINISI PIVOT DALAM BOLA BASKET

Pengertian pivot dalam bola basket banyak ditemukan di berbagai literatur bola basket, namun pada intinya pengertian tau definisi teknik pivot dalam bola basket adalah gerakan memutar badan dengan bertumpu pada satu kaki sebagai porosnya sambil memegang bola basket. Gerakan putaran pada Pivot  tidak boleh sampai menggeser letak kaki ( poros ) yang dipakai berputar. Jika sampai geser maka sudah termasuk pelanggaran. Gerakan berputar itu bisa sampai 380 derajat. Pivot dilakukan oleh pemain bola basket dengan tujuan utamanya adalah untuk menyelamatkan bola agar tidak sampai direbut dan lepas ke tangan lawan.

http://topteknikdasarpermainanbolabasket.blogspot.co.id/2017/05/fungsi-tujuan-gerakan-teknik-pivot-dalam-bola-basket.html


Pivot dalam bola basket merupakan salah satu teknik dasar bola basket yang juga berhubungan dengan teknik baket lainnya dan itu juga wajib kita pelajari seperti : dribbling, passing, lay up, shooting, bahkan teknik cara memegang bola basket yang benar juga harus dipelajari. Dan lebih penting juga adalah perlunya memahami peraturan permainan bola basket.


FUNGSI DAN TUJUAN PIVOT DALAM BOLA BASKET

Di atas sedikit disinggung tentang tujuan pivot dalam bola basket yaitu untuk menyelamatkan bola dari sergapan lawan, namun pada intinya teknik pivot ini dapat dimanfaatkan sebagai strategi menyerang dan strategi bertahan.

Berikut ini adalah fungsi gerakan pivot dalam bola basket :

  • Mengelabui lawan melalui gerakan berputar, selain itu gerakan Pivot ini juga sebagai langkah awal atau persiapan sebelum pemain melakukan shooting ke arah Ring Basket.
  • Untuk mencari celah defense lawan yang memberikan kita ruang dan arah untuk passing,drive,shoot ato menciptakan situasi.
  • Menipu lawan menggunakan pergantian arah atau change direction.
  • Gerakan untuk melindungi bola dari sergapan lawan, karena dalam olahraga basket ini pemain yang telah memegang bola harus melakukan dribble tidak di perkenankan untuk bergerak tanpa melakukan drible sehingga untuk melindungi bola dari lawan di gunakan teknik Pivot ini.
  • Pivot di gunakan untuk menghindari serangan lawan.atau bisa juga di gunakan sebagai salah satu strategi untuk menyerang lawan. Pelajari juga 3 posisi pemain bola basket dan fungsinya


TEKNIK CARA MELAKUKAN GERAKAN PIVOT DALAM BOLA BASKET

Gerakan teknik pivot dalam bola basket jika dibaca dalam teorinya kelihatannya sederhana, namun diperlukan keterampilan sehingga tidak sampai melakukan kesalahan atau pelanggaran. Berikut ini adalah langkah - langkah cara melakukan teknik pivot dalam bola basket :

  1. Pertama-tama pilihlah salah satu kaki yang akan di jadikan Poros putaran badan, dianjurkan menggunakan kaki yang memiliki kekuatan contohnya kaki kanan (Untuk kidal menyesuaikan).
  2. Gunakan kaki yang satunya untuk melangkah ke segala arah, dan kaki yang satunya tetap berfungsi sebagai poros.
  3. Ketika melakukan putaran kaki yang digunakan sebagai poros tidak boleh bergeser.
  4. Setelah selesai melakukan gerakan Pivot ini, segeralah kembali ke sikap awal dan bersiap untuk melakukan langkah selanjutnya (Shooting, Dribling atau Passing)

Ketika melakukan teknik gerakan Pivot ini harus dipastikan salah satu kaki berperan sebagai poros dan tidak bergeser akibat gerakn berputar yang dilakukan, gerakan Memutar pada Pivot ini dapat dilakukan sampai 360 derajat, pada gerakan  Pivot ini terdapat dua cara dalam memutar badan yaitu gerakan memutar badan ke arah depan dan juga Gerakan Memutar badan ke arah belakang hal ini tergantung sesuai dengan kebutuhan pemain dan dari arah mana lawan datang. Baca juga : teknik dasar bola basket

Dalam permainan bola basket, seorang penyerang yang telah mahir dalam melakukan teknik gerakan pivot, biasanya menggunakan pivot untuk membuat lawan kesulitan menghentikan serangannya dengan melakukan gerakan In front pivot dan Reverse pivot.


GERAKAN PIVOT DALAM BOLA BASKET

Dalam kaitannya mempertahankan bola dan strategi menyerang untuk memasukkan bola basket ke ring lawan, gerakan setelah melakukan teknik pivot dalam bola basket dibagi menjadi beberapa gerakan seperti :

a. Setelah pivot kemudian dribble (membawa bola)
b. Setelah pivot kemudian passing (melempar bola)
c. Setelah pivot kemudian shooting (menembakan bola)


Pivot merupakan salah satu teknik basket, dan ini juga tidak dapat dipisahkan dengan teknik bola basket lainnya dalam mengembangkan permainan untuk mengalahkan tim lawan.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->