Teknik Dasar Passing Dalam Permainan Bola Basket



Teknik passing dalam bola basket berikut ini wajib dikuasai oleh setiap pemain bola basket. Kata "passing" mungkin istilah dalam permainan bola basket yang tidak asing lagi di telinga kita semua, namun bagaimana cara melakukannya? Namun sebelum saya menjelaskan tentang teknik dasar passing dalam permainan bola basket, terlebih dahulu akan saya jelaskan mengenai pengertian passing.

Passing adalah salah satu teknik yang harus dikuasai oleh pemain basket. Pengertian passing secara umum dalam olahraga bola basket adalah mengumpan atau mengoper bola ke teman setim. Passing dalam bola basket biasa dilakukan dengan satu ataupun kedua tangan. Lalu bagaimana teknik passing bola basket itu dilakukan? tentunya berbeda dengan dribbling dalam bola basket.

Pada halaman sebelumnya sudah disinggung mengenai teknik dasar bola basket, dan passing adalah salah satunya. Karena jenis passing dalam permainan bola basket itu ada beberapa macam, maka berikut ini adalah penjelasan teknik passing dalam bola basket berdasarkan macamnya. Baca juga : peraturan permainan bola basket


Jenis Jenis Passing (no 1-3 adalah jenis passing standar).

  1. Bounce Pass
  2. Chest Pass
  3. Overhead Pass
  4. Baseball Pass
  5. Behind the back pass

1. Bounce pass



Sesuai namanya bounce artinya memantul, maka bounce pass adalah memberikan bola ke kawan dengan cara dipantulkan ke tanah. Teknik bounce pass dilakukan dengan cara  memantulkan bola ke lantai  dengan titik pantul 2/3 jarak kita ke target kawan. Lalu bagaimana cara melakukan teknik passing bola basket yang satu ini?  berikut ini adalah teknik cara melakukan Bounce pass :

  • Metode pelaksanaannya (sikap permulaan) sama dengan operan setinggi dada.
  • Bola dilepaskan atau didorong dengan tolakan dua tangan menyerong ke bawah dari letak badan lawan dengan jarak kira-kira 1/3 dari penerima.
  • Pandangan mata ke arah bola yang dipantulkan, kemudian ke penerima
  • Bila berhadapan dengan lawan,maka sasaran pantulan bola berada di samping kanan atau kiri lawan.

2. Chest Pass

 

Sesuai namanya, teknik passing bola basket ini memang posisi bolanya di dekat dengan dada. Chest artinya dada. Chest pass adalah memberikan bola ke kawan dengan cara di passing tepat diarah depan dada. Kelebihan chest pass adalah lebih cepat, lebih kuat untuk mencapai kawan. Cocok untuk team dengan tipe quick passing.



3. Overhead Pass



Teknik passing dalam bola basket yang ini mudah dilakukan, seperti gambar di atas. Overhead artinya diatas kepala. Overhead pass adalah memberikan passing ke kawan dengan memegang bola diatas kepala, lalu lemparkan. Overhead pass biasa digunakan pada team dengan tipikal wall center. Maksudnya center maupun pemain dengan badan tinggi yang memiliki matchup lawan yang lebih kecil. Maka overhead pass sangat berguna.
Teknik cara melakukan Overhead pass :

  • Cara memegang bola sama dengan lemparan dari depan dada, hanya saja posisi permulaan bola di atas kepala sedikit di depan dahi dan siku agak ditekuk.
  • Bola dilemparkan dengan lekukan pergelangan tangan yang arahnya agak menyarong ke bawah disertai dengan meluruskan lengan.
  • Lepasnya bola dari tangan menggunakan jentikan ujung jari tangan.

4. Baseball Pass



Berikutnya, teknik passing bola basket yang lain dari yang di atas, teknik ini  adalah cara-cara melakukan baseball pass menurut standar permainan bola basket :

  • Posisi Badan Siap dengan salah satu kaki maju ke depan dan bola dipegang dengan satu tangan.
  • Untuk awalan, bola dipegang oleh tangan yang lainnya, tepatnya yang tidak mengoper bola
  • Pindahkan berat badan ke belakang kemudian arahkan bola dengan menggunakan ke dua tangan tepat di belakang bahu dari sisi yang akan melempar bola.
  • Ketika akan melakukan operan bola, tangan yang melakukan operan mengayun ke depan atas
  • Lepaskan bola ketika tangan lurus ke depan.

5. Behind the Back Pass

 
Teknik passing dalam bola basket yang satu ini caranya unik sekali. Behind the Back Pass dalam permainan bola basket adalah mengoper bola dari belakang. Saat melakukan teknik dasar passing ini, pemain memegang bola dengan satu tangan yang berada tepat di belakang punggung. Saat melemparkan bola ke teman tim, di lakukan dengan cepat. Ada al yang perlu diperhatikan juga mengenai teman yang akan di jadikan sasaran untuk menangkap bola, tepatnya adalah teman yang posisinya dekat dan siap menerima bola. Baca juga : jumlah pemain bola basket

Saat melakukan Back Pass perlu di lakukan ketika lawan sedang tidak konsentrasi, ini akan menjadi peluang untuk berhasil. Pemain juga harus menciptakan koordinasi yang baik dengan teman satu tim, di mana ini akan mengurangi resiko gagal, yaitu pemain yang melakukan back pass sudah memiliki aba aba untuk teman sasarannya.


Demikianlah beberapa teknik dasar passing bola basket yang wajib dikuasai oleh pemain basket.