-->

Nama Penemu dan Pencipta Permainan Bola Basket, Ini Yang Benar

Pencipta bola basket. Tahukah anda, siapakah nama penemu atau pencipta permainan bola basket?  

Olah raga bola basket merupakan salah satu cabang olah raga paling populer hingga menjadi cabang olah raga yang diperlombakan diberbagai event besar baik itu tingkat regional hingga tingkat dunia seperti olimpiade. Namun pernahkan terlintas di pikiran kita tentang siapa sebenarnya nama pencipta permainan bola basket pertama kali sebelum menjadi cabang olah raga yang populer?

Semua cabang olah raga tentu memiliki sejarah dan perkembangan yang berbeda, begitu juga dengan permainan bola basket. Jika kita berbicara sejarah permainan bola basket tentu kita akan berpikir siapa nama pencipta atau penemu permainan bola basket pertama kali. Permainan bola basket diciptakan secara tidak sengaja oleh seorang guru olahraga, dia adalah Dr. James Naismith. 



DR. JAMES NAISMITH PENCIPTA PERMAINAN BOLA BASKET

Pada tahun 1891 Dr. James Naismith sebagai penemu atau orang yang menciptakan permainan bola basket yang juga guru olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Springfield, Massachusetts, harus membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England. Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario,Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891. Dengan demikian kita tidak akan ragu lagi permainan bola basket diciptakan oleh siapa?

Walaupun jumlah pemain bola basket hanya 5 orang dalam 1 regu dan tidak sebanyak

pencipta bola basket
permainan sepak bola, namun dapat mempertunjukkan hiburan yang menarik buat penonton karena memperagakan teknik permainan  basket yang unik. Tidak heran jika permainan bola basket memiliki penggemar fanatik di setiap negar di dunia.

Untuk melengkapi pengetahuan kita di bidang permainan bola basket, berikut ini kami ceritakan tentang siapa pencipta atau penemu permainan bola basket beserta sejarah perkembangannya dari tahun ke tahun :



SEJARAH PENEMUAN DAN PERKEMBANGAN BOLA BASKET

Setelah di atas kita mengulas profil pencipta permainan bola basket, untuk melengkapi pengetahuan kita tentang sejarah penemuan dan perkembangan permainan bola basket,  berikut ini adalah sejarah penemuan dan perkembangan  permainan bola basket yang diciptakan oleh James A. Naismith :

  • Tahun 1891 permainan olahraga bola basket ditemukan oleh Prof. doktor James A. Naismith.
  • Tahun 1892 permainan olahraga bola basket pertama kali diperkenalkan di negara Amerika.
  • Tahun 1894 peraturan permainan bola basket resmi pertama kali dibuat oleh Prof. Dr. James A. Naismith dan Dr. Luther Gullick.
  • Tahun 1895 secara resmi kata basketball diterima dan diarsipkan ke dalam perbendaharaan atau pembukuan bahasa Inggris.
  • Tahun 1913 pertandingan kejuaraan bola basket Far Eastern pertama kali diselenggarakan. Saat itu, Filipina mengalahkan negara Cina di final.
  • Tahun 1918 permainan olahraga bola basket diperkenalkan oleh tentara penduduk Amerika dan anggota YMCA ke sebagian negara di benua Eropa.
  • Tahun 1919 permainan olahraga bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang dimasukan kedalam pertandingan Olympiade Militer di Joinville.
  • Tahun 1932 bertempat di Jenewa Swiss kongres bola basket dilakukan pertama kali. Berikut ini adalah beberapa negara yang hadir ketika kongres berlangsung yaitu Italia, Yunani, Portugal, Argentina, Swiss, Cekoslowakia dan Rumania..
  • Tahun 1932 dibentuk federasi bola basket internasional yaitu FIBA (Federation International de Basketball).
  • Saat tahun 1933 di kota Turin, Italia, pertama kali mengadakan kejuaraan dunia bola basket antara mahasiswa.
  • Tahun 1935 bola basket diterima dan disetujui sebagai salah satu nomor olahraga pertandingan Olympiade di dalam kongres komite internasional.
  • Tahun 1936 Dalam Olympiade Berlin bola basket dipertandingkan pertama kali. Kompetisi Olympiade tersebut ada 22 negara yang ikut serta, yang dimenangkan oleh Amerika Serikat, Kanada dan Mexico.
  • Tahun 1939 pencipta bola basket yaitu Prof. Dr. James A. Naismith meninggal dunia.
Demikian cerita singkat tentang siapa pencipta bola basket, Namannya tidak akan pernah dilupakan sepanjang sejarah permainan bola basket.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->