Jenis Pelanggaran Kesalahan Dalam Permainan Bola Basket



Kesalahan dalam permainan bola basket. Ada beberapa kesalahan dalam permainan bola basket yang perlu pahami oleh setiap pemain bola basket. Setiap permainan cabang olah raga dibatasi oleh aturan yang ditentukan sehingga masing - masing tim tidak dapat bermain seenaknya, termasuk dalam cabang olah raga bola basket.

Peraturan permaianan bola basket diberlakukan agar setiap regu bermain dengan sportif sehingga permainan berjalan dengan menarik. Setiap regu yang melakukan kesalahan atau pelanggaran akan menerima hukuman, ini bisa menjadi faktor terjadinya kekalahan. Jadi bermain bola basket tidak sekedar belajar tentang teknik dasar bola basket, lebih dari itu memahami dan mematuhi peraturan permainan juga penting.


Berikut ini adalah jenis macam pelanggaran atau kesalahan dalam permainan bola basket yang wajib diketahui sehingga kita dapat berusaha untuk menghindari setiap kesalahan yang justru merugikan, antara lain :


1.Pelanggaran tehnik.  Kesalahan yang pertama ini adalah pelanggaran yang terjadi karena pemain mengabaikan peringatan atau teguran dari wasit atau terlalu banyak melakukan protes dan kontak fisik dengan wasit.

2.Pelanggaran perorangan.  Kesalahan ini  terjadi karena pemain melanggar peraturan atau melakukan kontak fisik yang tidak diperbolehkan

3.Travelling. Apabila pemain tidak mendribble bola dalam 3 langkah saat lari maupun berjalan

4.Foul. Adalah melanggar pemain lawan dengan reaching atau posisi defence yang salah

kesalahan dalam permainan bola basket


5.Offensive foul. Adalah pelanggaran yang dilakukan saat kita menabrak lawan yang dalam posisi hands-up saat kita melakukan ilegal pick

6.Foul out. Adalah seorang pemain yang telah melakukan pelanggaran lebih dari 5 kali foul biasa (FIBA),6 kali foul (NBA) atau telah melakukan tehnikal foul 2 kali dalam 1 pertandingan.Maka pemain yang terkena itu harus keluar dari pertandingan.

7.Double dribble. Adalah kesalahan dalam permainan bola basket yang terjadi apabila bola dalam keadaan mati namun pemain masih melakukan dribbling.

8.Tehnikal foul. Adalah kesalahan dalam permainan bola basket yang berhubungan dengan peraturan pertandingan secara teknis seperti perseorangan memprotes wasit terus menerus secara kasar,tidak menghargai wasit,mengeluarkan kata-kata kotor,melakukan kekerasan kepada lawan,memaki dan lain-lain

9.Three second violation. Adalah pelanggaran yang diberikan apabila seorang pemain berada diarea tembakan bebas selama 3 detik

10.Defensive 3 second. Adalah pelanggaran karena diam diarea tim sendiri selama 3 detik pada saat lawan melakukan offense dan lawan diijinkan melakukan 1 throw in

11.Offensive 3 second. Adalah pelanggaran karena diam diarea lawan selama 3 detik pada saat lawan melakukan defense dan bola berpindah kearah lawan.

12.24 second violation. Adalah Pelanggaran tim A tidak melakukan shoot/dunk kering lawan melewati batas waktu 24 detik bola akan berpindah tangan ke tim B.

13.Peraturan 8 second violation. Adalah pemain tim A tidak keluar dari posisi defense selama 8 detik setelah bola dipegang tim A yang lain melakukan offense dan sedang berada di area tim B dan bola kemudian beralih ke tim B.

14.Back ball. Adalah pelanggaran dalam permainan bola basket, dimana pemain yang membawa bola kembali ke daerah pertahanan setelah melewati garis tengah.

15.Blocking foul. Adalah kesalahan yang terjadi karena  seorang pemain melakukan pelanggaran keras ketika menghalangi pemain lawan.

16.Team foul. Adalah pelanggaran dalam satu team per babaknya dan apabila sudah mencapai 5 point maka akan diberikan free throw pada lawan.

17.Personal foul. Adalah kesalahan yang terjadi jika seorang pemain melakukan pelanggaran untuk  perseorangan maksimal 4 x foul kalau terjadi 5 kali maka akan dikenai foul out

18.Pushing. Adalah pelanggaran yang dilakukan apabila saat bermain melakukan dorongan lawan lain

Demikianlah jenis macam pelanggaran atau kesalahan dalam permainan bola  basket, ini bisa menjadi pengingat kita dalam permainan bola basket sehingga kesalahan atau pelanggaran dapat diminimalkan.